5 Cara Ampuh Mengatasi Lag Genshin Impact

Spread the love

Genshin Impact adalah game RPG yang saat ini semakin banyak meraih perhatian dari gamers. Sejak rilis di bulan September 2020, game ini semakin berada di posisi puncak popularitasnya.

Belum lama rilis, tampaknya Genshin Impact memiliki tempat tersendiri di hati para gamers mobile di seluruh dunia. Bagaimana tidak, game ini memiliki grafis yang sempurna.

Mekanisme permainan yang seru juga membuat game ini menjadi salah satu game favorit di tahun 2021 ini. Dan yang paling menjadi kelebihan adalah sisi grafis yang tak ada tandingannya.

Sayangnya banyak gamers yang mengalami lag atau force close ketika bermain Genshin Impact. hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor bisa terjadi karena perangkat yang kita gunakan atau dari game yang kita mainkan. Bagi kamu yang sering mengalami lag saat bermain Genshin Impact harus simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Lag dan Force Close Saat Bermain Genshin Impact

Kendala seperti lag memang sering dialami oleh gamers. Ping yang cuku tinggi menjadi penyebab utama terjadinya hal ini.

Apalagi jika ping buruk maka bisa mempengaruhi gim yang menjadi lebih lemot. Untuk mengatasinya ping kecil atau rendah adalah salah satu caranya agar game kamu bisa lancar.

Hal yang mempengaruhi lag saat bermain Genshin Impact lainnya adalah karena jumlah pemain yang bisa mempengaruhi ping. Semakin banyak pemain maka semakin tinggi ping.

Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini untuk mengatasi lag pada Genshin Impact:

  1. Kualitas Grafis Harus Diturunkan

Menjadi primadona di tahun ini karena game Genshin Impact memiliki kualitas grafis yang sangat baik. Bahkan kamu bisa memainkan game ini di handphone atau PC kamu.

Sayangnya beberapa pengguna mengeluhkan lag ketika menggunakan Genshin Impact di ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menurunkan kualitas grafiknya.

Kamu bisa menyesuaikan kualitas grafis dengan spesifikasi ponsel kamu. Kamu bisa mengatur kualitas grafis ke lowest atau low.

  1. Sesuaikan FPS

Untuk mengatasi lag saat bermain Genshin Impact, kamu bisa sesuaikan FPS dengan spesifikasi ponsel atau perangkat yang kamu pakai.

Jika kamu menggunakan PC atau ponsel yang di bawah rata-rata, kamu bisa mengatur FPS diangka 30. Sesuaikan FPS dengan spesifikasi perangkat yang kamu gunakan.

Kamu bisa masuk ke menu pengaturan grafis dan mengganti angka FPS. Jika kamu sudah menyesuaikan dengan perangkatmu, maka kamu tidak lagi mengalami kendala lag saat bermain.

Selain FPS, kamu bisa mengubah pengaturan lainnya seperti kualitas bayangan, kualitas SFX, efek visual dan lainnya.

  1. Mematikan Efek

Sebagai developer game Genshin Impact, miHoYo memberikan beberapa efek grafis yang bisa membuat game menjadi lebih baik.

Sayangnya beberapa efek tersebut tidak perlu digunakan dan justru membuat lag. Jika kamu menggunakan PC untuk bermain Genshin Impact, maka kamu bisa mematikan efek-efek ini.

Efek yang tidak terpakai bisa meringankan beban kerja GPU. Efek seperti Bloom, Co-Op dan Motion blur perlu kamu matikan agar bisa bermain game dengan lancar.

  1. Cek File Integration

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi lag dan force close pada Genshin Impact adalah cek kembali file integration.

Pada beberapa kasus hal ini terjadi karena instalasi tidak sempurna. Kamu bisa melihat file integration apakah ada yang tidak beres.

Cek juga adanya cache atau file lain yang rusak dan menyebabkan gameplay menjadi lag dan force close. Kamu bisa cek di manajer file apakah ada file yang corrupt.

Kamu bisa uninstall Genshin Impact dan install kembali. Tunggu hingga instalasi benar-benar berhasil dan kamu bisa menggunakan game ini dengan lancar.

  1. Gunakan Ping Booster

Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab Genshin Impact lag adalah ping tinggi atau buruk. Kamu bisa download aplikasi Ping Booster untuk mengatasi hal tersebut.

Aplikasi ini akan bekerja dengan cara menurunkan ping. Sehingga kamu bisa bermain tanpa lag atau force close.

Sebelum bermain Genshin Impact sebaiknya kamu mengaktifkan aplikasi Ping Booster terlebih dahulu agar tidak lag atau force close.